Rabu, 29 Agustus 2012

perawatan rambut

Diposting oleh nike maruko di 04.42
Kecantikan bukan tujuan akhir dari proses perawatan rambut. Rambut yang sehat, bersinar akan menunjang penampilan alamiah secara natural mampu memberikan nilai tambah yang meningkatkan asa percaya diri. Bagi mereka yang menggunakan kerudung dan rambutnya tertutupi tetap dianjurkan untuk melakukan perawatan rambut. Tujuannya bukan semata-mata penampilan, tetapi rambut yang sehat membuat kita nyaman melakukan aktivitas.
Perawatan rambut umumnya dilakukan di salon kecantikan dengan menggunakan bahan-bahan produksi pabrik yang sudah dikemas sedemikian rupa. Saya bukanlah penggemar orang yang suka berlama-lama di salon, tetapi pingin mempunyai rambut sehat. Rambut sehat dalam pengertian di sini adalah tidak kusam, tidak rontok, tidak berketombe dan bercahaya. Hasil akhir dari perawatan rambut yang saya lakukan adalah penundaan tumbuhnya uban.
Perawatan menggunakan bahan alami biasanya dilakukan sebelum keramas. Berbeda dengan creambath yang dilakukan setelah keramas, perawatan alami biasanya dilakukan sebelum rambut dibasahi. berikut ini contoh dan bahan yang dapat digunakan untuk perawatan rambut sesuai urutan efektivitas dan hasil akhirnya.
1. Santan
Santan hasil perasan kelapa parut adalah bahan paling efektif yang digunakan untuk perawatan rambut. Masalah rambut yang dapat diatasi adalah ketombe, rambut rontok dan rambut kusam.
Caranya penggunaan : Ambil semangkuk kecil santan kira-kira 500 cc, usapkan secara merata di kulit  kepala dan rambut secara merata. Dianjurkan sambil dipijat-pijat. Biarkan meresap sambil dipakai beraktivitas minimal  30 menit.  Lebih lama lebih bagus, tetapi perawatan yang menimbulkan beban dan kebosanan membuat kita malas untuk melakukan perawatan selanjutnya.
Setelah itu rambut dikeramas seperti biasa. Biasanya untuk  menghilangkan minyak santan, keramas dilakukan 3 kali memakai shampo. Efek yang paling terasa adalah pada gangguan ketombe, gatal-gatal di kepala akan sangat berkurang.
Perawatan dianjurkan minimal 2 minggu sekali dalam dua bulan akan terasa hasilnya.
2. Madu
Efektif dipakai apabila ditambah dengan air, perbandingannya adalah 1 : 1. Pengeceran dilakukan untuk memudahkan penyerapan pada rambut dan kulit kepala. Hasil  lebih bagus dapat diperoleh apabila ditambah dengan perasan jeruk nipis.
Cara pemakaian sama dengan menggunakan santan. Khusus untuk madu, perawatan dapat dilakukan sesudah keramas berfungsi sebagai konditioner. Khusus setelah keramas jangan ditambah air lagi.
3. Lidah Buaya
Lidah buaya dapat langsung dioleskan pada rambut dan kulit kepala. cara pemakaian sama saja dengan pemakaian santan. Kebetulan saya tidak cocok dengan perawatan ini. Bagi saya malah menimbulkan rambut memerah, jadi saya jarang pakai metode ini .
4. Minyak Kemiri
Minyak kemiri bisa didapat dengan disangrai dan didiamkan. Setelah itu kemiri akan keluar minyaknya. Beda dengan aku karena ga sabar kemiri aku gongseng ditambah minyak sedikit. Setelah didiamkan akan keluar minyaknya. ada juga yang mengukusnya setelah ditumbuk, kemudian ditunggu semalaman akan keluar minyaknya. Cara pemakaian sama dengan sara pemakaian pada santan. Bedanya minyak kemiri sebaiknya didiamkan di rambut lebih lama. Hasil yang dieproleh adalah rambut hitam tam mengkilap.
5. Minyak Goreng, Minyak Kelapa, dan Minyak Zaitun
Minyak- minyak sejenis di atas efektif untuk perawatan rambut. Hanya setelah dilakukan pembilasan biasanya rambut tetap lengket berminyak. Makanya perawatan ini jarang dilakukan. Hal ini hanya memungkinkan dilakukan apabila hari berikutnya libur. Satu kali pembilasan tidak mampu menghilangkan minyak secara total.
Perawatan alami diatas selain murah terbukti lebih efektif daripada creambath. Nilai lebih creambath adalah pemijatan di seputar kepala, membuat kita terkantuk-kantuk menikmatnya.
tips tambahan adalah gunakan shampo secara terpisah dengan conditionernya. Sebaiknya memakai shampo yang  bukan 2 or 3  in one dan shampo anti ketombe. Shampo shampo tersebut dalam jangka panjang berefek  merusak rambut.
Ada bahan-bahan alami lain yang mampu digunakan untuk perawatan rambut, yaitu perasan tumbukan daun waru, daun sepatu, daun mankokan dll. Tetapi perawatan dengan metode ini aku belum pernah coba jadi ga berani menulis disini. Bagi kompasianers yang memang berminat silahkan dicoba dan buktikan hasilnya. Selamat mencoba.

0 komentar:

Posting Komentar

 

perawatan rambut Copyright © 2010 Design by Ipietoon Blogger Template Graphic from Enakei